Simak Berbagai Tips Meningkatkan Kompetensi Pada Pekerjaan Pertama
Minggu (11/12/2022), Ikatan Alumni Universitas Negeri Malang (IKA UM) menggelar webinar dengan tema “Boost Your Competencies on The First Job” yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan diikuti lebih dari 50 peserta.
Kegiatan diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PP IKA UM, Dra. Fatmawati memberikan motivasi kepada peserta webinar serta menyampaikan bahwa IKA UM memiliki kepedulian dalam rangka peningkatan kompetensi para alumni agar siap bersaing di dunia kerja. “Setelah mengikuti webinar ini, kami berharap terbangun kesiapan diri dalam memasuki dunia kerja secara maksimal” ujarnya.
Kegiatan dilanjutkan pemaparan oleh Rezqi Brillianti, S.Psi, beliau merupakan Alumni FPsi UM, yang saat ini berkarir sebagai Human Resource and General Affair Manager Royal Group. “Sikapmu, bukan bakatmu, yang akan menentukan value dirimu” ujarnya.
Ada empat faktor yang memberi kontribusi keberhasilan dalam dunia kerja, yaitu finansial, keahlian dibidangnya, networking, dan softskill. Softskill merupakan kemampuan yang dimiliki oleh individu secara alami seperti, keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (Inter Personal Skills), keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri (Intra Personal Skills) yang mampu mengembangkan unjuk kerja secara maksimal.
Selain itu, ada beberapa kompetensi utama yang harus ditingkatkan ketika memasuki dunia kerja antara lain, Planning Organizing (menetapkan aktifitas yang akan dilakukan untuk mencapai suatu tujuan), Initiative (melakukan sesuatu tanpa menunggu perintah), Commitment (tanggung jawab diri terhadap pekerjaan), Teamwork (kemampuan bekerjasama dengan orang lain untuk tujuan bersama), Flexibility (kemampuan beradaptasi untuk menghadapi perubahan situasi dan sikap antisipatif untuk mencapai tujuan), Effective Communication (proses pertukaran ide, pikiran, pengetahuan dan informasi sedemikian rupa sehingga tujuan dapat terpenuhi), Relationship Building (kemampuan membangun dan mengembangkan hubungan dengan individu lain).
Pemaparan selanjutnya oleh Erlin Kurniawati, S. Psi, beliau merupakan Alumni FPsi UM, yang saat ini berarir sebagai Human Resources Region PT Paragon Technology and Innovation. “Banyak sekali temen-temen fresh graduate atau di level sarjana cukup sulit mendapatkan pekerjaan, ternyata mereka Less Preparation (kurang persiapan), kurang fokus terhadap diri sendiri, bahkan kurang tau apa yang diminati, kekurangan dan kelebihan yang dimiliki” ujarnya.
Selain Less Preparation (kurang persiapan), ada beberapa faktor yang menyebabkan sulit mendapatkan pekerjaan antara lain, Irrational Benefit Expectation (adanya keinginan akan benefit atau gaji yang didapat tanpa adanya bukti konkret konstibusi yang telah dilakukan), Idealist (terlalu lama memilih), Less Willing to Learn (kurang mau belajar, merasa pintar), Underestimated (pesimis dan tidak percaya dengan diri sendiri).
Melalui webinar ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi para peserta agar mempersiapkan diri, mengembangkan karir dan mampu bersaing di dunia kerja. (Vijay)