Ikatan Alumni Universitas Negeri Malang (IKA UM) bersama QuBisa mengadakan webinar pada Sabtu (25/06/2022). Webinar kali ini bertemakan “Personal Branding di Media Sosial” dengan menghadirkan Pungky Kusumaningtyas, S.Pd dan Lika Satvarini sebagai narasumber.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Sekretaris Jenderal PP IKA UM Dra. Fatmawati, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa tema webinar kali ini sangat bermanfaat bagi para peserta webinar agar mampu membangun personal branding di media sosial.

“Personal branding menjadi suatu hal penting untuk membangun reputasi positif” ujarnya.

Pungky Kusumaningtyas, S.Pd merupakan Alumni Fakultas Sastra UM yang saat ini berkari di Instansi  Maretplace Dana sebagai People Data Associate, mengawali webinar kali ini, dengan membagikan cerita perjuangannya selama masa studi UM hingga sukses berkarir di dunia StartUp.

“Saya diarahkan oleh kedua orang tua untuk berkuliah di Universitas Negeri Malang karena letak geografisnya di dataran tinggi, dan saya memilih jurusan pendidikan bahasa Inggris  di UM karena pada saat itu merupakan jurusan terbaik di Asia Tenggara” ujarnya.

Ketika berkuliah di UM, Pungky membangun relasi dengan mengikuti organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), serta mengembangkan kemampuan dan kompetensinya dengan mengikuti program internship di Kantor Hubungan Internasional UM.

Setelah menyelesaikan studi di UM pada tahun 2018, Pungky merantau ke Jakarta untuk berkarir dengan mendaftar di salah satu perusahaan startup dan lolos sebagai people operation. Hingga akhirnya mendapatkan tawaran di perusahaan Dana Indonesa sebagai people data associate.

Sesi kedua ini dilanjutkan oleh Lika Satvarini sebagai Founder Lively Academy, Performance Stylish Trainer & Coach yang menjelaskan tentang personal branding di media sosial. “Personal branding merupakan cara kita memasarkan diri ke orang lain, entah di media sosial ataupun kehidupan nyata. Media sosial sekarang juga mulai menjadi pertimbangan seorang HR untuk menyeleksi calon karyawan” ujarnya.

Pentingnya personal branding antara lain, meningkatkan kredibilitas, mendapatkan kepercayaan, menjanjikan jenjang karir yang lebih baik dan melakukan evaluasi terhadap diri sendiri. Hal yang dapat dilakukan dalam membangun personal branding yaitu kenali keungulan diri sendiri, membangun relasi, memperbarui profil dengan isi konten yang bermanfaat, dan memilih media yang tepat.

Di akhir acara, Lika berharap para peserta webinar dapat menerapkan berbagai tips membangun personal branding di media sosial, karena hal tersebut sangat penting untuk jenjang karir di masa mendatang. (Vijay)