Ikatan Alumni Universitas Negeri Malang (IKA UM) bersama Jobhun mengadakan webinar pada Sabtu (21/09/2024). Webinar kali ini bertemakan “Panduan Mempersiapkan Karier Pasca Wisuda” dengan menghadirkan Benaya Rotinsulu dan Imanusrin Busyairi Muslim, S.Pd. sebagai narasumber.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Sekretaris Jenderal PP IKA UM Dra. Fatmawati, dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya perencanaan karier untuk masa depan. “Dalam proses seleksi kerja, menuntut setiap individu memiliki daya saing yang tinggi dan terus meningkatkan kualitas diri baik secara personal maupun profesional agar dapat bertahan dan terus berkembang kariernya” ujarnya. Sesi pertama diawali oleh Benaya Rotinsulu yang merupakan Co Founder Jobhun, beliau memberikan wawasan bagaimana mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja setelah lulus. “Faktor utama banyaknya angka pegangguran pada penduduk muda berusia 15-24 tahun ini adalah karena kurang sinkronnya pendidikan dan permintaan tenaga kerja” ujarnya.

Setelah lulus, mempersiapkan karier pasca wisuda membutuhkan langkah-langkah strategis untuk sukses. Langkah pertama adalah mengenali minat dan bakat guna menentukan arah karier yang sesuai, diikuti dengan menetapkan tujuan karier yang jelas. Memperluas pengetahuan dan keterampilan melalui pelatihan atau kursus dapat membantu memperkuat kompetensi. Selain itu, membuat CV yang menarik dan portofolio yang relevan sangat penting untuk menonjolkan pengalaman dan keahlian. Softskills, seperti komunikasi dan kerjasama, juga perlu ditingkatkan. Rajin melakukan riset dan mencari peluang kerja yang sesuai dapat membuka jalan karier yang diinginkan. Perluas networking serta bangun personal branding yang kuat agar lebih dikenal di industri. Dengan semua persiapan ini, lulusan dapat menghadapi dunia kerja dengan percaya diri.

Sesi kedua ini dilanjutkan oleh Imanusrin Busyairi Muslim, S.Pd. beliau merupakan CEO Breaker Creative dan Alumni Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Beliau memperkenalkan perusahaan studio kreatif yang didirikannya. “Breaker Creative adalah studio kreatif yang berbasis di Malang, Jawa Timur. Mulai tahun 2014, kami terus maju dan berinovasi dari awal hanya dengan satu divisi kami yaitu Visual Animation dan kini kami terus berkembang di berbagai aspek multimedia seperti produksi Video, Desain, Web, dan 3D” ujarnya.

Imanusrin menekankan pentingnya berani mencoba hal-hal baru dan membangun portofolio yang menarik dalam mempersiapkan karier setelah wisuda. Menurutnya, di era digital saat ini, memiliki keterampilan teknis saja tidak cukup. Hal paling penting adalah bagaimana kita menjual diri atau menunjukkan skill yang kita miliki sesuai dengan perusahaan yang dilamar. Webinar ini tidak hanya memberikan wawasan yang berharga bagi para peserta, tetapi juga membuka pintu peluang baru untuk mengembangkan karier pasca wisuda. (Vijay)