IKA UM berdiri pada tanggal 22 Januari 1983 merupakan organisasi yang bersifat kekeluargaan, keilmuan dan kemasyarakatan, berkedudukan di Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang. IKA UM adalah organisasi formal yang beranggotakan lulusan/alumni Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), FKIP Universitas Airlangga, IKIP Malang beserta cabang-cabangnya, dan Universitas Negeri Malang. Di dalam IKA UM terhimpun para pemikir, perencana program, dan pelaksana kegiatan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki tanggung jawab terhadap perkembangan almamaternya, dan kelangsungan hidup Bangsa dan Negara Republik Indonesia.

ikip

Keanggotaan alumni bersifat pasif, artinya semua lulusan/alumni Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), FKIP Universitas Airlangga, IKIP Malang beserta cabang-cabangnya yang pernah ada, dan Universitas Negeri Malang menjadi anggota.

Susunan organisasi IKA terdiri dari Pengurus Pusat dan Pengurus Wilayah. Pengurus Pusat berkedudukan di lingkungan Universitas Negeri Malang terdiri atas Pengurus Pusat IKA UM atau disingkat PP IKA UM, Pengurus IKA Fakultas/Pascasarjana, dan Pengurus IKA Jurusan/Prodi. Pengurus Wilayah berkedudukan di kota/kabupaten.

IKA UM mempunyai tujuan memelihara dan mempererat hubungan kekeluargaan antar anggota, membantu berbagai kepentingan alumni sesuai kemampuan dan ketentuan yang berlaku, berpartisipasi dalam upaya pengembangan almamater, menciptakan forum komunikasi dan sumbang saran berbagai masalah pendidikan khususnya dan pembangunan bangsa pada umumnya, berpartisipasi secara nyata dalam upaya pengembangan pendidikan pada khususnya dan pembangunan bangsa pada umumnya.