PETUNJUK TEKNIS PENERIMAAN NASKAH ARTIKEL KARYA ALUMNI UM

Ikatan Alumni Universitas Negeri Malang (IKA UM) membuka penerimaan naskah artikel kiriman dari para Alumni UM dalam rangka memberikan wadah aspirasi atas gagasan, ide, atau pemikiran dari para Alumni UM. Kirimkan tulisan kamu melalui formulir dibawah ini, nama kamu akan terpampang dan kelak akan menjadi jejak kontribusi kamu mencerdaskan bangsa!

Jika kamu tertarik, kriteria artikel yang kami terima adalah sebagai berikut:

  • Artikel opini yang berkaitan dengan bidang keilmuanmu, atau yang berkaitan dengan kependidikan, pembelajaran, karir, sosial budaya, momentum nasional, hari keagamaan, dan event terkini, serta isu aktual yang tengah menjadi perbincangan di tengah masyarakat.
  • Cerita tokoh–tokoh inspiratif.
  • Pelajaran hidup pribadi yang menginspirasi.
  • Tips-tips menarik dan bermanfaat bagi para pembaca berkaitan dengan kependidikan, pembelajaran, teknologi, olahraga, psikologi, atau karir.

Ketentuan:

  • Naskah hendaknya tidak lebih dari 1200 kata atau 4 halaman microsoft word.
  • Menggunakan tata Bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta menarik untuk dibaca.
  • Naskah dapat dikirimkan melalui formulir yang tersedia di website IKA UM
    http://ika.um.ac.id/kirimkan-rubrik-alumni
  • Naskah yang dikirimkan merupakan tulisan asli penulis dan bukan hasil plagiasi.
  • Naskah yang dikirimkan merupakan naskah yang tidak memuat isi atau mengandung prasangka dan kebencian, pornografi, muatan komersial atau
    mengarah pada pilihan politik tertentu, hoaks, diskriminatif, serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  • Penulis harus menyertakan minimal satu sumber pada halaman daftar pustaka, dan jika ada sumber/tautan online, penulis harus menyertakan pada halaman daftar pustaka atau gunakan hyperlink.
  • Seluruh data dan informasi atas tulisan yang disampaikan penulis kepada IKA UM merupakan tanggung jawab penulis. IKA UM tidak bertanggung jawab atas data dan informasi yang disampaikan penulis.
  • IKA UM berhak menyunting dan melakukan penyesuaian lain seperlunya tanpa mengubah esensi isi dan pesan yang hendak disampaikan.
  • Penulis wajib membagikan tulisannya yang telah berhasil dimuat pada website IKA UM.

Periode penerimaan naskah artikel yaitu pada tanggal 1-20 setiap bulan, dan akan dipilih 4 artikel dalam setiap periode penerimaan naskah artikel untuk dimuat pada website IKA UM. 4 artikel terpilih tersebut akan diumumkan pada tanggal 3 bulan selanjutnya dan penulis akan dihubungi oleh IKA UM.

Tersedia honorarium untuk setiap tulisan yang berhasil dimuat, yang bisa dipakai untuk mentraktir ngopi segenap teman, ataupun menambah uang saku jalan-jalan Anda. Tulisan yang jumlah pembacanya di atas 1000 viewer dalam rentang waktu 7 hari juga akan diberikan bonus apresiasi berupa pulsa. 

Artikel yang tidak berhasil dimuat pada website IKA UM di periode penerimaan naskah artikel sebelumnya, dapat dikirimkan kembali pada periode penerimaan naskah artikel di bulan selanjutnya, dengan catatan masih relevan dan menarik minat pembaca.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi WhatsApp IKA UM melalui tombol di ujung sisi kiri layar perangkat Anda. Hati-hati penipuan, kegiatan ini tidak dipungut biaya apapun.

Silahkan kirimkan naskah artikel melalui formulir yang tersedia dibawah ini.


Pengiriman Artikel Karya Alumni

Sebelum melanjutkan proses pengiriman naskah artikel, pastikan Anda telah menyiapkan dokumen yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Foto Kartu Alumni / Identitas lain
  2. Screenshot telah mengikuti akun Instagram dan Fanspage Facebook IKA UM
  3. Screenshot telah subscribe YouTube IKA UM
  4. Naskah artikel dalam format .docx
  5. Naskah artikel dalam format .pdf
  6. Curriculum Vitae