Mahasiswa Teknik Berjaya di IDRIS Kuala Lumpur

Perhelatan Innovation Design Research International Symposium (IDRIS) 2017, 23-25 April 2017 di Kuala Lumpur Malaysia, membuahkan prestasi manis bagi delegasi Universitas Negeri Malang. Bagaimana tidak, empat medali berhasil diboyong ke Universitas Negeri Malang (UM), yaitu Fauzy Satio Wibowo (double gold award), Teguh Dewangga (gold award), Pangkit Arjunajati (gold award, dan UMT special award), dan Afif Achsanul Choiri (silver award).

Saat melakukan audiensi dengan tim humas di Ruang Rapat Kerjasama di Gedung H5 lantai 1 UM, Wakil Dekan III Fakultas Teknik (FT) UM, Prof. Dr. Marji, M.Kes, dan para pembimbing yang hadir antara lain: Dr.Eng. Siti Sendari , S.T., M.T., Yuni Rahmawati, S.T., M.T., Rr. Poppy Puspitasari , S.Pd, M.T., Ph.D., dan Retno Wulandari , S.T., M.T., tidak bisa menyembunyikan kebanggaanya terhadap prestasi yang telah diraih kali ini.

“Award ini baru pertama kali dilaksanakan.  Alhamdulillah, kami mengawali keikutsertaan kejuaraan ini dengan hasil yang baik. Tetapi hal ini belum merupakan titik puncak dari yang kami lakukan. Ke depan banyak hal yang menjadi prioritas mahasiswa yang berprestasi ini, untuk menyempurnakan dan mengaplikasikan ke dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat,” tutur Prof. Marji

Senada dengan Wakil Dekan III FT, Rr. Poppy Puspitasari , S.Pd, M.T., Ph.D., menambahkan bahwa langkah berikutnya khususnya hasil karya mahasiswa bimbingnya Teguh Dewangga yang berupa Moth Attractor Technology (MOAT) (mesin pemberantar hama pada bawang) akan lebih disempurnakan untuk mendeteksi karakteristik dari serangga itu sendiri. Misalnya jenis serangga male and female serta meningkatkan control tambahan.

Sementara itu Yuni Rahmawati, S.T., M.T, menyapaikan persiapan yang dilakukan oleh para peserta sebenarnya sangat minim. Hanya dalam waktu dua pekan, para peserta mempersiapkan diri.

“Untuk mengikuti kegiatan ini, FT sebelumnya melakukan open recruitment. Dari kegiatan ini terkumpul sebanyak 27 proposal. Kemudian, diadakan seleksi oleh para dewan juri, yang akhirnya menetapkan empat peserta yang diberakatkan ke Malaysia”, jelas Yuni Rahmawati, S.T., M.T

 

Sumber: http://www.um.ac.id/content/page/2/2017/04/mahasiswa-teknik-berjaya-di-idris-kuala-lumpur