Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Seminar Nasional Pendidikan 2017. Kegiatan digelar Sabtu (29/4/2017) di Aula Utama Gedung A3 Lt 2 UM. Kegiatan mengangkat tema “Penerapan Full Day School Dalam Multi Perspektif (Manajemen, Karakter, Religi, Kultural, dan Sosial)”. Wakil Rektor I UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. membuka kegiatan yang diikuti oleh sekitar 380 orang peserta yang terdiri kepala sekolah,guru, praktisi pendidikan dan mahasiswa ini.

Hadir sebagai narasumber seminar yaitu Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Sumarna Surapranata, Ph.D., dengan materi “Konsep Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter”. Dalam paparanya disampaikanya bahwa pengembangan nilai-nilai karakter didasari filosofi dari Ki Hajar Dewantara, yang meliputi olah hati, olah pikir, olah karsa dan olah raga. Keempat hal tersebut mampu menghasilkan nilai-nilai karakter diantaranya toleransi, disiplin, kejujuran, cinta tanah air, tanggung jawab, kreatif dll yang menghasilkan nilai utama yaitu religious, nasionalis, mandiri integritas dan gotong royong.

Hadir pula sebagai narasumber yaitu Guru Besar UM, Prof.Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd., dengan materi “Konsep dan Manajemen Implementasi Fullday School dalam Multi Perspektif”. Dalam paparan materinya beliau menyampaiakan bahwa pendidikan yang sukses mampu membekali peserta didik dengan ketahanan moral. Full day school dirasa efektif dengan model pembelajaran berbasis aktivitas siswa secara berkelompok, selain itu bembelajaran di full day school harus pembelajaran yang menantang sehingga  sekolah menjadi taman siswa yang menyenangkan . Disisi lain suasana sekolah harus menjadi suasana pembelajaran dan kepengasuhan serta hubungan guru dan siswa bervariasi yaitu pertemanan, persaudaraan dan kekeluargaan.

Narasumber selanjutnya yaitu Pimpinan Sekolah Al-Hikmah & Raudlotul Jannah Surabaya, Dr. H. Nur Hidayat, M.M., yang menyampaikan materi tentang “Penerapan Full Day School dalam Multi Perspektif (Sosial, Kultural, Karakter dan Religi)”. Dalam paparanya disampaikan bahwa ada banyak dalam penerapan manfaat full day school diantaranya dengan waktu yang cukup siswa memperoleh pendidikan umum dan agama yang layak dan proposional,  potensi anak tersalurkan melalui kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, pengaruh negative kegiatan anak di luar sekolah dapat dikurangi seminimal mungkin karena waktu pendidikan anak di sekolah lebih lama, terencana dan terarah.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.30 WIB ini juga dihadiri oleh anggota Rapim UM serta undangan dari jajaran pemerintah Kota Malang dan Dinas Pendidikan Kota Malang. Seminar ini juga diisi dengan tampilan seni tari dan musikalisasi piuisi serta diakhiri dengan sesi presentasi pemakalah.

 

Sumber: http://www.um.ac.id/content/page/2/2017/04/seminar-nasional-penerapan-full-day-school-dalam-multi-perspektif-