Universitas Negeri Malang (UM) melakukan sosialisasi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) selama dua hari di Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Tulungagung. Kegiatan pada hari pertama (23/1/2017) dilaksanakan di SMAN 2 Trenggalek ini terselenggara berkat kerjasama dengan MGBK SMA/SMK/MA Kabupaten Trenggalek. Sebanyak 45 orang yang terdiri dari para guru BK kelas XII yang merupakan perwakilan dari SMA/SMK/MA yang ada di kabupaten Trenggalek, diundang dalam kegiatan ini. Para guru BK ini menyambut baik sosialisasi dengan metode ini, karena mereka dapat memperoleh informasi terbaru tentang SNMPTN tanpa harus ke luar kota. ” Kami senang dan berterima kasih sekali UM bisa datang kesini untuk memberikan informasi terbaru tentang ketentuan SNMPTN tahun ini, mudah – mudahan akan menjadi agenda tahunan”, ujar Ardanu, selaku salah satu pengurus MGBK Kabupaten Trenggalek. Salah satu informasi terbaru tentang prosentase kuota penerimaan mahasiswa baru yang disampaikan oleh Kabag Kerjasama dan Humas (KSH) UM, Dra. Aminarti S. Wahyuni, dan penjelasan tentang pengisian PDSS (Pangkalan Data Siswa Sekolah) oleh Tim PTIK UM disimak dengan baik oleh para peserta sosialisasi.

Sosialisasi di Kabupaten Tulungagung diselenggarakan Selasa (24/1/2017) bertempat di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung. Berbeda dengan Kabupaten Trenggalek, penyelenggaraan kegiatan ini bekerjasama dengan IBKS (Ikatan Bimbingan Konseling Sekolah) Kabupaten Tulungagung. Guru BK kelas XII SMA/SMK/MA di kabupaten Tulungagung yang diundang dalam kegiatan ini sejumlah 60 orang.

Antusiasme peserta di dua Kabupaten tersebut nampak dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada tim dari UM, karena ternyata permasalahan di sekolah-sekolah sangat kompleks.  Pertanyaan yang diajukan antara lain seputar perubahan kuota SNMPTN, sanksi atas pelanggaran atas ketentuan yang telah ditetapkan, dan hal – hal lain yang berkenaan dengan pengisian PDSS. Peserta tampak puas dengan informasi seputar SNMPTN yang telah diberikan. Kegiatan yang sekaligus menjadi ajang diskusi antar sekolah dan tim sosialisasi yang turun ke daerah ini,  diharapkan dapat diselenggarakan tiap tahun.

Galeri Sosialisasi SNMPTN Kab. Trenggalek dan Tulungagung

Penulis : Kartika Lazuardi

Editor  : Moch. Syachri

Sumber: http://www.um.ac.id/content/page/2/2017/01/um-sosialisasikan-snmptn-di-dua-kabupaten-di-jawa-timur-