Malang. Setiap tanggal 10 Januari, masyarakat dunia khususnya Indonesia merayakan hari sejuta pohon sedunia. Meski tidak banyak kegiatan yang digelar, namun penting untuk mengetahui bahwa menanam, merawat dan melestarikan pohon merupakan langkah positif yang memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Dalam rangka peringatan hari sejuta pohon sedunia, Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan Gerakan Penanaman Seribu Pohon yang akan dilaksanakan tanggal 10 Januari 2016.

Seluruh civitas akademika diharapkan dapat mensukseskan gerakan yang memiliki nilai positif untuk ikut menghijaukan lingkungan di kampus UM. Partisipasi aktif ditunjukkan oleh beberapa mitra kerja UM, tenaga kependidikan, dosen, fakultas, unit-unit, dan lembaga yang menyumbangkan beberapa bibit pohon.

Salah satu partisipasi ditunjukkan oleh UPT TAHURA R. SOERJO Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur yang menyumbangkan 250 batang pohon mahoni. Jumat, 6 Januari 2016 bertempat di kantor UPT TAHURA R. SOERJO Jl. Simpang Panji Suroso Kav. 144, Kepala Biro AKPIK UM mewakili menerima sumbangan bibit pohon mahoni dari Bapak Yogiantoro selaku Perwakilan dari UPT TAHURA R. SOERJO.

Menurut Pak Yogiantoro kegiatan penghijauan bukan hanya tanggungjawab dari instansi pemerintah saja, dalam hal ini Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, namun menjadi tanggungjawab kita semua baik generasi muda maupun masyarakat umum.

“Mahasiswa dalam hal ini generasi muda kita harapkan partisipasinya untuk lebih aktif melaksanakan kegiatan penghijauan untuk mewujudkan alam yang indah, bersih, dan segar,”ujarnya.

“Kegiatan yang dilakukan UM ini saya rasa sangat bagus, kalau bisa dilaksanakan setiap tahun. Tidak hanya dilaksanakan di dalam kampus, apabila ada kegiatan penghijauan diluar kampus kami siap mendukung dan membantu ketersediaan bibit pohon. Kami dari perhutani siap mendukung setiap pengjijauan dengan memberikan bibit pohon,”jelasnya.

Penulis: Kautsar S. – Humas UM

Sumber: http://www.um.ac.id/content/page/2/2017/01/upt-tahura-r-soerjo-sumbangkan-250-bibit-pohon-mahoni